10 Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia

Dalam pemilihan perguruan tinggi tentu tidak sembarangan sebab ini menyangkut kelangsungan studi kalian nantinya selama empat tahun disana. Tentu, setiap calon mahasiswa baru jurusan arsitektur akan berlomba-lomba dalam memperebutkan bangku di PTN favorit mereka. Terlebih di PTN yang jurusan arstekturnya terbilang bagus dan bonafit. Namun, sekarang patokan PTN sebagai tempat kuliah paling bagus sudah tidak dapat dibenarkan lagi pasalnya beberapa PTS pun ternyata mampu menyaingi PTN.

Seperti halnya yang akan gue bahas pada artikel ini adalah 10 Perguruan Tinggi dengan jurusan Arsitektur atau Teknik Arsitektur terbaik. Dengan kesemuanya telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

1.Institut Teknologi Bandung (ITB)

Tidak dipungkiri, kampus tempat Bung Karno mengenyam pendidikan sarjana ini begitu amat tersohor. Apalagi sejalan dengan disiplin ilmu yag diambil oleh Ir.Soekarno yakni Arsitektur. Sehingga membuat perkembangan jurusan Arsitektur di ITB amatlah pesat. Akhir-akhir ini pun ITB telah banyak menelurkan para arsitek muda berbakat, contoh terkenalnya saja adalah Ridwan Kamil yang sekarang menjabat sebagai Walikota Bandung.

Di ITB, Arsitektur masuk di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, Pengembangan Kebijakan (SAPPK). Dimana mahasiswa harus memilih fakultasnya terlebih dahulu yakni SAPPK, baru pada tahun kedua mahasiswa akan diberikan dua pilihan jurusan yakni Arsitektur dan Planologi. Biasanya, Arsitektur lebih tinggi peminatnya sehingga nilai minimun untuk masuk jurusan ini pun lebih tinggi dibanding planologi. Jadi, bersiaplah kalau kalian lolos di SAPPK namun ternyata saat peminatan malah akhirnya masuk ke planologi.

2.Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)

Seperti yang gue, PTN sekarang tidak semuanya selalu unggul. Sekarang Unpar sudah membuktikannya bahwa kampus mereka unggul di bidang Arsitektur. Kenapa? Banyak sekali kompetisi ataupun sayembara baik nasional maupun internasional yang dimenangkan oleh mahasiswa-mahasiswa di kampus yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat ini. Para alumninya pun tidak dipungkiri sukses menjadi arsitek sukses yang menangani proyek-proyek besar.

Banyak argumen yang mengatakan, keunggulan unpar adalah di segi desainnya. Jadi, masing-masing perguruan tinggi tentu memiliki kurikulum yang berbeda. Ada yang lebih berat pada konstruksi, detail, atau desain. Nah, kata orang-orang, mahasiswa unpar ini jago-jago banget kalau udah ngedesain yang kreatif dan unik. Karena sedari awal, unpar ini menerapkan seleksi menggambar, tidak seperti kebanyakan tes masuk perguruan tinggi negeri hanya mengandalkan ujian kognitif saja lewat SNMPTN dan SBMPTN untuk masuk jurusan arsitektur.

3.Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

PTN yang terletak di Keputih, Sukolilo, Surabaya Timur ini merupakan alternatif pilihan PTN dengan jurusan arsitektur terbaik. Sebagai sebuah institusi teknik, ITS mampu menyediakan saran dan prasarana penunjang perkuliahan. Dengan dosen-dosen terbaik pula, ITS selalu bisa mengayomi mahasiswanya untuk menelukan ide-ide out of the box.

Rekam jejak para alumni kampus perjuangan ini pun terbilang bagus, contoh saja yang terkenal adalah Tri Rismaharini yang sekarang menjabat sebagai Walikota Surabaya. Beliau adalah alumni Jurusan Arsitektur ITS angkatan 15. Selain itu juga ada pak Johan Silas, Putu Mahendra, dan kawan-kawan.

Bersama dengan planologi, Arsitektur menjadi jurusan satu-satunya di ITS yang tidak menggunakan atribut teknik di depannya di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Sebab, ranah keilmuan arsitektur di ITS dianggap sudah bergeser tidak lagi condong pada hal kongkrit proyek saja tapi menitikberatkan ke desain, fungsionalitas, dan estetika dari karya arsitektural itu sendiri.

4.Universitas Trisakti (Unsakti)

Universitas swasta ini bisa dibilang juga tidak kalah bagus loh dari PTN. Sudah banyak juga karya mahasiswa dari trisakti yang berhasil mengharumkan almamaternya tersebut. Ujian masuknya pun sama dengan unpar, yakni dengan tes menggambar. Sehingga tidak patut diragukan lagi keahlian menggambar dan mendesain lulusannya kelak. Namun, karena ini kampus swasta, bersiaplah untuk bersedia mengeluarkan uang sedikit lebih dibanding kampus negeri.

5.Universitas Indonesia (UI)

Universitas tertua di Indonesia ini rupanya juga memiliki jurusan arsitektur yang bisa terbilang bagus loh. Kenapa? Sebab dengan fasilitas yang lengkap seperti studio, laboratorium, Arsitektur UI menjadi rujukan banyak calon mahasiswa baru tiap tahunnya. Tidak mengacu pada kampusnya saja, jurusan arsitektur disini rupanya juga telah meluluskan artis-artis ternama loh seperti Erwin Gutawa dan Nicholas Saputra.

6.Universitas Hasanuddin (Unhas)

PTN terbaik di Sulawesi ini menjadi alternatif kesekian jika kalian benar-benar menginginkan untuk kuliah di jurusan arsitektur. Sebab, dengan passing grade tertinggi di Fakultas Teknik Unhas, jurusan ini memiliki dosen-dosenyang kredibel di bidangnya. Banyak pula lulusan almamater ini yang pada akhirnya berhasil menjadi arsitek ternama.

7.Universitas Diponegoro (Undip)

Sudah kenalkan dengan almamaternya Menteri riset dan pendidikan tinggi Muhammad Nasir kita saat ini? Nah, jurusan arsitektur di Undip juga tidak kalah bagus lho. Bagi mahasiswa yang sangat ingin masuk arsitektur namun tidak percaya diri bisa lolos seleksi di PTN top, bisa mencoba peruntungannya di undip.

8.Universitas Petra Surabaya

Kampus ini juga terkenal loh sama jurusan arsitekturnya. Sudah banyak banget mahasiswanya yang memenangkan berbagai sayembara arsitektur, baik lokal maupun internasional. Tidak heran jika petra bisa disejajarlan dengan PTN. Selain itu yang terkenal dari petra adalah konsep green architecture yang ditawarkan, usut punya usut, kabarnya konsep oleh petra ini adalah yang terbaik di Indonesia loh. Didukung dnegan dosen-dosen top pula, arsitekur petra bisa semakin maju seperti sekarang, terlebih dengan banyaknya kerjasama internasional.

9.Universitas Tarumanegara Jakarta (Untag)

Kalau kampus ini terkenal sama mahasiswanya yang gemar ikut-ikut sayembara. Berkat itu juga, nama almamternya jadi bisa terangkat. Tidak hanya itu, kampus ini juga dikenal memiliki banyak sekali dosen-dosen yang berpengalaman sebagai arsitek dari berbagai PT yang ada di Indonesia.

10.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas terbaik di Yogyakarta ini juga wajib menjadi pilihan kalau kalian bersikeras ingin menjadi arsitek di masa yang akan datang. Dengan dosen-dosen yang unggul, Arsitektur UGM menjadi rujukan bagus untuk calon mahasiswa yang meminati jurusan ini. Selain terakreditasi A, jurusan arsitektur UGM ini juga memiliki banyak kerjasama dengan universitas luar. Sehingga kemungkinan terjalin network antar universitas sangat terbuka lebar, terlebih jika ingin melanjutkan studi ke luar negeri.

Incoming search terms:

10 opinions on “10 Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia”

  1. Idih..UNS (Univ. Negeri Sebelas Maret) nggak masuk.. Coba cek akreditasi jurusan arsitektur UNS dan segambreng prestasi mahasiswa-mahasiswanya.. Mahasiswa arsitektur UNS bukan hanya berprestasi di tingkat nasional, tapi juga di tingkat Asia Pasifik, bahkan pernah juara di tingkat dunia..

    Kalau melihat universitas-universitas di daftar yang Anda buat, seharusnya Universitas Negeri Sebelas Maret masuk..

    1. Selow mas,daftar ini berdasarkan perspektif saya dan mahasiswa-mahasiswa arsitektur lain aja kok. Jadi sebenernya ga ada indikator baku, hanya saja 10 universitas yang saya ulas disini cukup bonafit di mata kami.

  2. Arsitektur UnHas selain berakreditasi A jg terkenal dgn karya2 Alumni nya misalnya Walikota Mks pak Danny dgn karya Msjid Terapung Amirul Mukminin, Masjid Raya Centre Point Indonesia dan masih banyak karya alumni lainnya yg di seluruh Indonesia.

  3. Mm… Boleh tanya.. Gambaran masa depan dan tempat2 kerja menjadi Arsitek…dan setelah SLTP yg terbaik masul SMA ataw SMK yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge