Detik-Detik Ujian Nasional (UNAS) SD/SMP/SMA 2010

Ujian Nasional kini semakin dekat saja, tinggal menghitung hari kita akan segera bertarung dengan kumpulan soal-soal UNAS 2010 yang bakalan runyam banget. Dan besok, hari senin 22 Maret-26 Maret 2010 kakak-kakak sma sudah mulai UN, dan seminggu setelahnya tepatnya pada hari senin 29 Maret-1 april 2010 giliran saya dan teman-teman smp di seluruh indonesia untuk menghadapi masa penghabisan Ujian Nasional (UNAS).

Tidak terasa memang, dulu, saat pertama kali menginjakan kaki di tanah Tabalong dan bersekolah disana di SMP Hasbunallah tercinta, sangatlah terlalu dini untuk saya bersosialisasi dengan orang lain yang sebelumnya belum saya kenal. Berpisah dengan orang tua dan keluarga tercinta dan hidup di tanah tabalong ini untuk menuntut ilmu. Sungguh hal yang berat semua itu untuk dijalani, namun semua ada hikmahnya, disini aku diberi amanah menuntut ilmu dan belajar banyak hal. Dan kini aku telah tahu banyak hal yang dulunya aku sesali, pengorbanan batin berujung kebahagian (semoga). Ini, blog ini adalah salah satu contoh dari sekian banyak perkembangan yang kualami, aku yang dahulu orang ndeso bisa dibilang berubah drastis tapi maaf saja jika ditanya mengenai ‘Game Online’ karena bagiku makelar sebuah hiburan tersebut sudah janji aku hindarin. Bukan apa-apa sih, aku cuman takut akan berakibat fatal kek kecanduan atau apalah, pastinya bakalan menguras isi kantong kita bukan? Hehe..

Balik ke topik, mengenai Ujian Nasional memang telah dipatenkan menteri pendidikan M.Nuh yang katanya UN tidak boleh dihilangkan. Apa boleh buat kita cuman rakyat kecil ‘kan? Penyelenggaraan sudah bisa dihitung dengan jari, penentuan kelulusan kita setelah bersekolah selama 3 tahun. Antara LULUS atau TIDAK!

Dan baru saja beberapa pekan kemaren, yang mana di artikelku terdahulu tentang Try Out Dinas ke-6 telah aku sebutkan akan hal itu, dengan harapan ingin lulus UN 100% pemerintah setempat yang bekerja sama dengan salah satu lembaga pendidikan mengadakan Try Out (Uji Coba) ujian nasional yang ternyata malah bikin runyam siswanya, coba tebak kenapa?

Banyak soal-soal yang rancu

Yeah! Banyak sekali soal yang mengganjal, seperti tidak ada jawabannya, LJK dan Soalnya kurang, tidak ada keterangan jelas seperti soal B.Inggris ‘merujuk kata’ yang seharusnya ada penanda pada kata untuk kata tertentu, ini malah gak ada! Sunggu aneh..

Soal Try Out yang diujikan tidak memenuhi SKL (Standart Kompetensi Lulusan)

Beberapa hari setelah try out un berakhir, kami melakukan bedah soal dengan guru dah banyak sekali ditemukan soal-soal yang sama sekali tidak ada kemiripan dengan apa yang menjadi SKL entah itu pel. B.Inggris, B.Indonesia, ataupun MIPA.

Ketidakjujuran Panitia

Bisa dibilang, kejujuran adalah aset utama no.1 dalam kehidupan. Coba bayangkan, petingginya saja tidak jujur bagaimana dengan yang ada dibawahnya? Di try out kemaren bahkan saat akan dimulainya try out Unas, kata guru saya amplop soal-soal Try Outnya sudah terbuka. Itu bukanlah hal yang mudah diterima, bisa saja soalnya sudah bocor bukan? Ulah siapa lagi coba kalau bukan oknum yang bersangkutan?

Biarlah, itu kan cuman di Try Out? Semoga saja di UNAS (UJIAN NASIONAL) 2010 ini kepada para pelajar SD, SMP, SMA tidak terulang lagi kejadian seperti itu. Juga bocoran-bocoran soal UN smp dan sma 2010 yang tak sedikit beredar berdasarkan pengalaman tahun-tahun terdahulu, itu bukanlah hal yang terpuji, hasil jerih payah sendiri walaupun nilainya pas-pasan akan nikmat rasanya dibanding hasil dari mencontek maupun kecurangan lainnya. Perasaan bangga itu mungkin hanya sesaat, tapi percayalah jika kebiasaan buruk itu terus dilakukan, kelak dewasa akan terus melekat dan terbawa pada diri pelakunya.

“Buah Jatuh Tidak Jauh Dari Pohonnya”

Ngerti kan maksud saya?

Buat kakak-kakak SMA/SMK/MA berjuang ya menghadapi Ujian Nasionalnya besok, dan teman-temanku sesama SMP/MTS se-Indonesia juga buat anak-anak Smp Hasbunallah kelas IXA, IXB, IXC kita pasti bisa dan percayalah keberuntungan akan slalu berpihak pada kita.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.