Kehidupan Tahun Pertama Seorang Mahasiswa Arsitektur

Fase pendaftaran, tes, hingga pengumuman penerimaan mahasiswa di berbagai perguruan tinggu sebentar lagi akan usai. Pendaftaran ulang dari jalur SNMPTN pun sudah selesai dilaksanakan. Tinggal menunggu pengumuman jalur SBMPTN pada 26 Juni mendatang dan juga Mandiri yang berbeda-beda di masing-masing perguruan tinggi.

Baca: Cerita di Balik Pengumuman SBMPTN

Bisa dibilang, ini merupakan masa transisi selepas bekerja keras berjuang masuk perguruan tinggi negeri untuk kemudian menjadi mahasiswa baru. Apalagi, kalian mahasiswa baru jurusan Arsitektur pastinya sudah gak sabar menanti hari pertama perkuliahan. Pasti akan banyak ekspektasi, bayangangan, dan pemikiran-pemikiran umum yang sering dimiliki oleh mahasiswa baru. Tentang bagaimana nanti cari teman, sistem perkuliahan, ospek, dll.

Tapi pertama-tama kalian harus melewati masa orientasi dulu. Jangan parno duluan gaes karena umumnya masa orientasi di hampir keseluruhan perguran tinggi terlebih PTN sudah tidak ada yang namanya perploncoan. Karena nantinya mahasiswa baru akan dibimbing untuk mengenali kampus, fakultas, hingga jurusan kalian sendiri dengan cara yang unik, kreatif namun tetap manusiawi.

Nah selepas masa orientasi (ospek) maka bersiaplah untuk menapaki hari pertama perkuliahan di jurusan arsitektur. Jurusan yang banyak orang bilang cuman jurusan tukang ngayal, bener ga sih? Gak juga. Disini mahasiswa arsitektur belajar banyak hal, banyak aspek, dan pastinya hal-hal konkrit yang bisa dipertanggung jawabkan.

Baca: Arsitektur VS Fakultas Kedokteran

Sebagai seorang mahasiswa baru, kalian udah tahu belum apa aja sih yang bakal dipelajarin di Jurusan Arsitektur nanti? Pasti banyak dari kalian yang bertanya-tanya. Apakah rumor bahwa mahasiswa jurusan arsitektur cuman menggambar saja bener? Terus apa bedanya dengan mahasiswa seni rupa atau DKV? Nah makanya pada artikel ini kita akan mencari tahu materi atau mata kuliah apa yang akan dipelajari mahasiswa baru jurusan arsitektur.

Pada semester pertama, biasanya mahasiswa masih disuguhi dengan mata kuliah pengenalan ditambah mata kuliah umum wajib. Jadi sudah sepaket tanpa bisa dikurangi maupun ditambah satuan kredit semesternya (SKS). Meski begitu, kalian harus bener-bener belajar serius disini karena di semster ini pula yang biasanya dapat menyelamatkan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) mahasiswa arsitektur.

Baca: 10 Alasan Kamu Harus Masuk Arsitektur ITS

Kenapa? Karena kalo udah ada di semester 3 ke atas, tingkat kesulitan tugas pasti akan meningkat yang berbanding lurus dengan susahnya untuk memperoleh nilai yang bagus. #PrayForMahasiswaLama

Yaudah sih, intinya sebagai mahasiswa nanti, kalian kudu bener-bener serius kuliah. Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu (Kuliah-Pulang) juga sih, ikut organisasi itu penting banget. Jangan kaya gue yang rapat mulu, tapi kuliahnya jarang, gimana mau jadi arsitek hiks.

Nah bagi yang sudah penasaran di bawah adalah gambaran mata kuliah semester 1 dan 2 di Jurusan Arsitektut. Tentunya, masing-masing perguruan tinggi (PT) memiliki kurikulumnya sendiri-sendiri, jadi mesti ada ketidakcocokan antara satu dengn PT lain.

Mata Kuliah Semester 1

Dasar Desain Arsitektur (7 SKS)

Pengantar Arsitektur (2 SKS)

Matematika Arsitektur (2 SKS)

Mekanika Teknik (2 SKS)

Agama Islam (2 SKS)

Bahasa Inggris (3 SKS)

Mata Kuliah Semester 2

Dasar Desain Arsitektur 2 (7 SKS)

Fisika Bangunan (2 SKS)

Konstruksi Bangunan (3 SKS)

CAD (3 SKS)

Wawasan Kebangsaan  (3 SKS)

*Yang Dicetak Miring Merupakan Mata Kuliah Bersama

Lebih dalam lagi, coba kita tengok rencana pembelajaran bagi mahasiwa arsitektur di semester pertama di bawah. Rencana pembelajaran atau yang dikenal silabus ini adalah untuk mata kuliah inti sendiri di jurusan arsitektur. Apa itu mata kuliah inti? Ini adalah mata kuliah yang akan menuntun mahasiswanya dalam mendesain apa saja, baik itu hunian, taman, dan bangunan apapun.

Baca: Suka Duka Jadi Mahasiswa Arsitektur

Namanya adalah Dasar Desain Arsitektur dengan 7 Sistem Kredit Semester (SKS). Bayangkan aja, 7 SKS guys. Makanya tidak boleh main-main di mata kuliah awal semester ini. Dapat jelek aja udah mempengaruhi nilai yang lain. Dan nanti saat sudah semester 3 ke atas,  jumlah sks nya naik lagi menjadi 8 SKS. Nah, makanya harus dipersiapkan sejak dini.

Berikut adalah Rencana Perkuliahan Mata Kuliah Dasar Desain Arsitektur 1, Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Rencana Perkuliahan DDA 1

Minggu 1

Pendahuluan, Silabus  RP dan RT, Panduan Studio

Kuliah, Art & Architecture, Tugas 01.01: Sketsa Interior (4 Items)

Desk Crits

Minggu 2

Desk Crits

Kuliah: Line Drawing, tugas 01.01: Line Drawing

Desk Crits

Minggu 3

Kuliah: Surface Form, Tugas 01.01: Cut and Fold

Desk Crits

Group Pin-up

Minggu 4

Kuliah: Dimensi dan Orthographic Projection, Tugas 01.02: Denah

Desk Crits

Group Pin-up

Minggu 5

Kuliah: Orthographic Projection, Tugas 01.02: Tampak & Potongan

Desk Crits

Group Pin-up

Minggu 6

Kuliah: Basic Geometry, Tugas 01.02: Analisa Geometri

Desk Crits

Group Pin-up

Minggu 7

Kuliah: Basic Geometri Operation

Desk Crits

Group Pin-up

Minggu 8

Kuliah: Model-making, Tugas 01.02 Model 20×20

Studio

Desk Crits

Minggu 9

Group Pin-up

Kuliah: Enclose or Void, Tugas 01.03 Model 20×20

Studio (Sketsa dan bikin model)

Minggu 10

Studio (Proyeksi)

Studio & Desk Crits (Proyeksi)

Review

Minggu 11

Kuliah: Elemen Desain & Prinsip Desain, Tugas 02.01: Model 20×20

Studio (Bikin model – batang)

Desk Crits

Minggu 12

Studio (Bikin model – lempeng)

Desk Crits

Desk Crits

Minggu 13

Kuliah: Model Rangka

Desk Crits

Minggu 14

Tugas: Model Rangka

Studio: Bikin Model Rangka

Desk Crits

Minggu 15

Tugas: Model Rangka, Tugas: Portofolio

Studio: Bikin Model Rangka

Desk Crits

Minggu 16

Studio

Desk Crits

Pengumpulan Portofolio

contoh-cut-and-foldSketsa Titik Dasar Desain Arsitektur

contoh-line-drawing-eksterior-gedung

maket-lindungan-arsitektur-rahmi-ridhatantowi
Maket oleh Rahmi Hadiyanti
Maket-lindungan-arsitektur-ridhatantowi
Maket oleh Nisita Hapsari

maket-naungan-arsitektur-ridhatantowi Maket-Konsep-Naungan-Urban-ridhatantowi

Maket Naungan dan Lindungan Final
Maket Naungan dan Lindungan Final

Singkatnya, tahun pertama seorang mahasiswa arsitektur lebih ditekankan pada pengembangan daya bayang ruangnya. Jadi, secara umum diketahui, tugas seorang arsitek adala merancang bangunan yang memuat berbaga ruang di dalamnya. Nah poinnya di sini, seorang mahasiswa arsitektur haruslah mempunyai daya bayang ruang yang bagus. Sehingga hasil rancangan tidak hanya berpaku pada estetika eksteriornya saja, tapi juga interior beserta kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

FYI, untuk semester 1 biasanya mata kuliah sudah dipaketkan, dan baru pada semseter dua mahasiswa diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah semester atas. Dengan syarat IPK nya harus bagus. Tapi ada juga sih dosen wali yang biasanya melarang mahasiswanya untuk menambah jumlah SKS dengan berbagai alasan. Kalau memang kalian berani dan sanggup ya silakan tidak ada yang melarang. Asal bisa bertanggung jawab aja sama kuliahnya, jangan anggap enteng loh kuliah di jurusan arsitektur! Hehe

Incoming search terms:

7 opinions on “Kehidupan Tahun Pertama Seorang Mahasiswa Arsitektur”

  1. Misi bang, mau tanya saya kan ndaftar di jurusan arsetektur, cuma saya belum tau soal gambarannya seperti apa di dunia sana, karena saya lulusan sma, bukan smk, jd saya belum tau mengenai penggunaan auto cad dsb, apakah itu merupakan syarat mutlak atau bukan ? Sama minta saran dari abangnya hehe trimakasih

    1. Maaf baru balas karena baru liat ada komen ini. Jawabannya gapapa sekalipun km dari sma, malah kebanyakan anak arsi itu lulusan sma lo. Masalah penggunaan autocad dll itu ga mutlak bisa, toh semua mahasiswa akan diajarin dari awal. Kalaupun udah bisa, gapapa lebih bagus malah jadi nilai plus kamu. Semangat

  2. misi kak apa anak arsitektur itu harus banget jago hitung2an ya?aku pgn bgt masuk arsitektur tapi kalo masalah hitung2an itu no.2 ssetelah ngambar makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge