Liburan dan Unek-Uneknya

Liburan! Yeay! Sebetulnya ada banyak unek-unek yang perlu ditulisin disini. Kalau dibuat di postingan terpisah bakal ngehasilin banyak judul. Gausah panjang-panjang, langsung aja ya.

Jati Diri

Ini sering bikin gue bingung. Meski hanya sebuah blog, tapi tetep tiap kali mau buat postingan baru pasti jadi kebingunan sendiri mau pake gaya sok asih kek gini atau gaya melow abis. Karena memang, mood gue sangat dinamis suka berubah-ubah sewaktu-waktu. Makanya gak heran kalau beberapa postingan gue nadanya sangat-sangat formal dan menyedihkan. Liat aja di postingan “Puncak Eksploitasi Diri” dimana gue ngeluh abis-abisan dengan berbagai aktivitas yang gue lakuin waktu itu.

Perasaan jenuh udah gak tertahankan lagi lah pokoknya. Lalu, di postingan “Djakarta Reunion 2016” sudah pasti lah ya, gaya-gaya melow gitu harus ditampilin biar terkesan mampu menghadirkan suasana perpisahan yang sebenarnya. Terlebih memang pada saat nulis, gue lagi suka inget-inget momen kebersamaanya, jadi ya dikit-dikit keinget hehe. Tapi, beda banget sama sekarang. Entah, gue ngerasa bebas aja tanpa ada yang harus gue me-low-in. Mungkin efek liburan kali ya. Hehe.

Nah masalahnya adalah, gue gak konsisten banget jadi orang! Seakan-akan gue punya dua wajah yang berbeda. Di satu sisi gue bisa jadi seorang yang asik -walau sering garing- tapi disisi lain gue merupakan seorang penyair sejati yang mampu memainkan kata-kata secara santun dan berakhlak -walau terkadang frontal-. Gue, Saya, Aku, Kamu, Lo, Anda, duh labil banget! Gue harus gimana?

 

Tujuan Ngeblog Apasih?

Lagi-lagi pertanyaan itu muncul di benak gue ketika mau bikin postingan. Pas ada ide muncul, gak langsung gue tulis, mesti ada hasutan-hasutan lain yang seolah mengisyaratkan gue buat mikir ulang. “Buat apa lo nulis?” “Dapat apa lo kalau nulis ini?” “Yakin ada yang baca?” Pertanyaan-pertanyaan tersebut selalu berseliweran dengan bebasnya. Padahal, di postingan sebelumnya pernah gue bahas tentang ini juga bahwasanya gue ngeblog adalah untuk bercerita. Bukan lagi sebagai ladang mengeruk dollar. Tapi apa daya, akibat seringnya ngeliat screenshot Google Adsense orang yang isinya ratusan bahakna ribuan dollar jadi ngiler sendiri. Hehe.

Ditambah lagi saat ini, walau udah ga ada tugas tetep aja ga produktif nulis. Bawaannya males terus kalau udah berhadapan sama laptop. Kalau udah gini, paling-paling gue melipir ke twitter atau gak facebook-an. Lagian siapa yang mau baca tulisan sampah gini? Heuheu.

 

Liburan Produktif

Tinggal kurang lebih seminggu lagi gue harus balik ke Surabaya. Artinya, liburan pun akan segera berakhir dan harus kembali berkutat dengan dunia perkuliahan. Ada satu hal yang sering gue renungin di liburan kali ini, gue udah ngelakuin apa aja ya? Setelah acara di Jakarta kemarin, entah di rumah gue merasa layaknya seorang pengangguran. Kerjaan gue cuman makan, tidur, browsing, udah. Siklus yang sangat mainstream.

Beda banget sama liburan semester kemarin. Ya wajar sih ya, mungkin karena beda durasinya juga. Kalau dihitung-hitung gue di liburan rumah cuman dua minggu doang. Projek-projek yang udah dicanangkan seolah hanyalah guratan-guratan usang di kertas. Gak gue sentuh sama sekali. Haha.

 

Makan dan Gendut

Selama liburan ini juga, gue ngerasa frekuensi makan gue jadi meningkat. Selain perbaikan gizi, memang gue makannya jadi banyak banget. Dulu kalo di kosan cuman sekali sehari, sekarang bisa lebih hehe. Tapi yang dahsyat itu cemilannya banyak banget. Apalagi sekarang disini lagi musim buah-buahan, ada banyak rambutan, durian, jeruk, dan masih banyak lainnya. Gue juga suka minta bikinin kue-kue gitu. Hari ini barusan ada donat, kemarin ada sus, pisang keju, dan beraneka jenis makanan lain. Orang rumah seolah tahu kalau gue lebih suka ngemil daripada makan nasi Haha. Tapi-tapi masalahnya, biar banyak makan gini, kok ga gendut-gendut ya? Ga berbanding lurus dengan tinggi gue sekarang. Hiks. Apa salah gue Tuhan?

 

Balas Dendam Yang Kelewatan
Saat gue masih kuliah kemarin, tidur itu adalah hal yang langka. Pokoknya susah banget buat bisa puas kalo tidur. Seringnya malah begadang terus ngerjain tugas. Apalagi dua minggu sebelum pengumpulan tugas besar kemarin, hampir tiap hari tidur jam 3, dan harus bangun lagi pagi buat kuliah jam 7. Perjuangan banget buat bisa dateng ga telat.

Nah, sekarang udah liburan, rupanya mata gue ini mau balas dendam. Dari hari pertama gue tidur di rumah habis dari Jakarta, gue selalu bangun kesiangan. Entah kenapa, padahal gak begadang juga. Sekalipun udah bisa bangun subuh, setelah kisaran jam 7 pagi tidur lagi sampai siang. Enak sih, cuman ya lagi-lagi jadi ga produktif hehe. Gapapa lah, bentar lagi gabakal bisa begini pas kuliah wkwk.

Serba Rusak

Setelah hape sempat hilang kemarin, gue sampai detik ini masih belum megang hape baru. Masih harus nabung dulu biar bisa beli, kalau ngarep keluarga mah susah. Hehe. Baru-baru ini pula, laptop yang menjadi satu-satunya alat komunikasi gue buat buka line, wa, fb dll, dapet masalah baru, Entah kenapa dia sering banget kena bluescreen dan mati mendadak. Makanya sekarang gue akalin dengan make ‘safe mode’ alhamdulillah gak kambuh. Dengan konsekuensi, gabisa buka macam-macam karena tanpa driver dan kawan-kawannya. Sudah dua bulan hidup tanpa hape cukup menyiksa, jangan sampe lah laptop yang sekaran ikut-ikutan ya. Semoga nggak :’)

Incoming search terms:

9 opinions on “Liburan dan Unek-Uneknya”

  1. Mengenai balas dendam waktu tidur itu keknya jangan dibiarin deh mas, coba aja dalam 1 minggu itu bisa jadi kebiasaan. Saya dulu pernah gitu, gak begadang tapi bangunnya telat bahkan tidur sudah awal waktu tapi tetap kesiangan dan ternyata dalam seminggu kebawa terus.

    Solusinya saya nekat pasang banyak alarm termasuk di hp biar bisa bangun pagi lagi dan posting artikel di blog. Ini blog baru saya mas ridha indrasugiarto(dot)com sedangkan buatusaha(dot) itu blog pertama saya (sekalian promosi dan perkenalan sama yang baru-baru boleh dong ya mas)

  2. Netbook gue yang lama juga gitu Rid. Sering bluescreen sendiri. Gue akali dengan safe mode. Aman. Tapi semenjak gue punya laptop baru, metode safe mode yang gue terapin pada laptop gue mulai nggak berfungsi lagi alias nggak mau hidup sama sekali. Udah di safe mode, pas mau login ke user trus tiba-tiba bluescreen. Gitu terus. Entahlah, gue heran juga kok bisa begitu. Apa jangan-jangan netbook gue cemburu karena gue punya laptop baru?

  3. kalau saya tujuan ngeblog hanya untuk berbagi, diselingi cari duit pake adsense.. jadi, tulisannya mengalir aja tanpa perlu peduli apakah mellow atau formal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.