Ngomongin Perkuliahan Mahasiswa Semester 6

Halooo. Sudah berapa purnama terlewati yak wkwk, tapi tetep aja gak ada perkembangan sama sekali blog ini. Cukup sulit untuk sekadar meluangkan waktu menulis. Bukan, bukan karena gak punya waktu. Lebih tepatnya gak bisa bagi waktu antara mengerjakan hal wajib kayak ngerjan tugas atau cerita-cerita gaje kayak gini. Hasilnya, setelah gue analisis, dua-duanya gak beres. LOL. Tugas-tugas semester enam kemarin seolah-olah terus merindu belaian kasih sayang si empunya tugas. Sedangkan gue asyik mengurus hal lain.

Di awal, ekspektasi gue, nilai semester ini akan serta merta meroket. Melihat realita ketika mulai memilih kelas, dosen pembimbing gue sepertinya berbanding lurus dengan apa yang gue idamkan di awal. Gak ambisius, gak baperan, gak keras ke mahasiswanya, gak sering minta asistensi, dan kelebihan-kelebihan lainnya yang berpotensi memudahkan kehidupan mahasiswa. Tapi ternyata gue salah. Gue malah ‘terbang ketinggian’ alias terlena dengan segala kemudahan yang beliau kasih. Heheh. Procrastinating anytime, tiduran, youtube-ing, atau sekadar main-main ke festival gratisan ala mahasiswa.

Sistem Kebut Semalam

Jadi gak heran kalau grafik nilai tiap semester selalu turun. Lah kalau janji sama diri sendiri sering ingkar gini. Hiks. Kalau ada tugas presentasi misalnya, bisa ketebak kalau gue baru ngerjain satu hari sebelumnya. Gak beda jauh sama tugas report. Pernah satu tugas, gue ngerjain report belasan halaman hanya berselang dua jam sebelum pengumpulan. Beruntungnya, report-nya dalam bahasa inggris, God saved me. Sekacau apapun tulisannya, dosen akan memaklumi. Yakin gue.

Balada Tugas Kelompok

Belum lagi perihal berurusan dengan partner satu kelompok. Sempet kesel-kesel kecil juga kalo inget ga ada yang inisiatif sama sekali buat ngerjain tugas jelang pengumpulan. Tunggu di-private message dulu baru bales, atau yang lagi sibuk organisasi dan kepanitiaan lainnya. Jujur gue juga pernah gini, tapi tetep lah ada tanggung jawabnya. Meh. Kayanya enak ya kalau ngerjain tugas enggak, tapi ujung-ujungnya dapat nilai bagus. Ditambah kuliahnya yang TA (Titip Absen) lagi, haha, siapa yang gak kesel. Tapi yo kudu bisa toleransi sih, gue juga sering gabisa bagi waktu kalo ngerjain tugas kelompokan soalnya. Hehe.

Jadwal Kuliah

Selain beban tugas, hal yang bikin gue bahagia jingkrak-jingkrak –gadeng- di semester enam kemarin adalah jadwal kuliah. Dalam satu minggu, gue cuma kuliah tiga hari, karena kamis dan jumat libur. Walau sebenernya pusing juga karena di tiga hari kuliah itu full sampe sore. Gak enaknya lagi kalau deadline barengan, duuh siap-siap ngebagi badan buat ngerjain banyak tugas. But, seneng banget lah akhirnya bisa punya libur panjang setiap minggu. Dua hari pertama buat tidur, dua hari sisanya bisa dipake jalan-jalan. Haha.

Studio Time

Masih ngomongin tugas, mata kuliah terkenal di Arsitektur ITS dengan beban delapan SKS itu masih nyata adanya. Semakin kesini gue ngerasa makin payah aja sih. Ngerasa ga ada peningkatan skill huhu. Eh bukan matkulnya, maksud gue pribadi gue sendiri. Dengan SKS sebanyak itu, studio time, mahasiswa ga serta-merta berniat mencari tahu sesuatu yang baru. Karena ga semua mahasiswa punya inisiatif buat belajar sendiri. Lagi-lagi, gue introspeksi diri sendiri aja sih. Udah ngapain aja gue selama satu semester ini. *Facepalm*

Antara Tugas Besar VS UAS

Selidik punya selidik, dengan tugas yang tak kunjung selesai sampai minggu ke-16, gue selalu ngerasa dihantuin. Setiap mau mengembangkan diri di bidang atau tempat lain, selalu gak bisa fokus dan maksimal. Ketika ngobrol sama temen departemen lain pun, sesekali dalam hati ngerasa iri, karena kita –mahasiswa Arsitektur– gak punya UAS yang bisa sekejap dilupakan setelah keluar kelas. Tanpa harus ngerasa dihantuin karena ada notasi pintu yang lupa digambar, fasad yang lupa diwarnain, atau bahkan lupa ngasih atap saking buntunya mikir dikejar-kejar deadline.

Gimana kuliah kalian? Seru? Wkwk inti dari postingan ini adalah kita harus bisa menikmati setiap proses dari kehidupan perkuliahan kita. Lebih-lebih, udah semester tua pasti ada aja godaannya hehe. Lakukan saja yang terbaik versi kita. Semangat! Sampai ketemu semester 7!

Incoming search terms:

4 opinions on “Ngomongin Perkuliahan Mahasiswa Semester 6”

  1. sudah mau selesai ya mas? ayo dikebut..

    Ya begitulah mas kalau ada teman maunya nebeng dan nyontek tugas, sudah susah payah ngitungnya, dianya malah enak ongkang-ongkang minta kopian..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge