Panduan Menuju Kampung Inggris Pare Kediri

Ini adalah postingan yang sempat tertunda dulu. Sebelumnya gue pernah janjiin buat bikin panduan atau tata cara pergi ke kampung inggis pare khususnya bagi yang belom pernah sama sekali ke sana. Di postingan gue dulu-dulu banget juga ada beberapa yang membahas tentang kampung inggris ini. But mostly, tentang pengalaman pribadi gue disana beserta ocehan yang suka ga penting.

Nah, biasanya ada beberapa alasan yang melatarbelakangi seseorang buat pergi ke kampung yang terletak di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri Jawa Timur ini. Menurut pengalaman gue bertemu banyak orang-orang disana dan ngobrol juga, kebanyakan mereka yang kesana karena sedang liburan singkat di sekolah atau kerjaan. Dengan tujuan satu yakni mahir dan cakap berbahasa inggris.

Tapi ada pula yang memang benar-benar ke pare untuk mengisi waktu panjang sambil menunggu sesuatu. Biasanya mereka menghabiskan waktu minimal tiga bulan hingga satu tahun disana sampai mereka benar-benar telah dapat apa yang diharapkan. Contohnya, seperti gue yang selepas kelulusan SMA kemarin langsung cabut kesini sebelum ujian masuk PTN. Dan itu, sangat bermanfaat sekali gaes karena gue ga cuman dapat ilmunya tapi juga teman-teman dan pelajaran hidupnya.

Baca Juga: Kelebihan Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare

Oke singkat saja, jadi begini cara pergi ke kampung inggris pare. Simak ya,

Menggunakan Pesawat Terbang dan Kapal Laut

Bagi kalian yang berasal dari luar jawa harus terlebih dahulu menuju kota Surabaya. Bisa dengan mengunakan pesawat terbang dan mendarat di Bandara Internasional Juanda atau menggunakan kapal laut dengan turun di pelabuhan Tanjung Perak. Sesampainya di Juanda, kalian bisa menggunakan Bus DAMRI seharga Rp.25.000,- untuk rute Juanda – Terminal Bungurasih. Kalau dari perak sama saja, tapi menggunakan bus kota biasa tarifnya Rp.5000,-.

Setelah berada di Terminal Purabaya, segera cari bus antar kota Rukun Jaya. Dengan tarif Rp.30.000,- bus ini melayani rute Surabaya – Mojokerto – Jombang – Pare – Blitar nah nanti kalian minta turun aja di perempatan lampu merah Tulung Rejo, Pare. Dari sana, letak kampung inggris pare sudah sangat dekat sekitar 2KM. Tinggal naik becak, ojek, atau bahkan jalan kaki untuk sampai tempat kursusan kalian masing-masing :p

Untuk opsi terakhir bisa dipertimbangkan haha. Dulu gue sering banget jalan kaki dari perempatan tulung rejo sampai tempat kursusan. Lumayan jauh sih, tapi apa daya, ini cara gue berhemat. Sebenarnya tarif ojek atau becak hanya berkisar Rp.10.000-Rp.20.000,- aja tapi ya tetep lumayan kalau gak keluar sama sekali bukan?

Selamat, kalian sudah berada di Kampung Inggris, Pare!

Baca Juga: The Story of Kampung Inggris

 

Menggunakan Kereta Api dan Bus

Jika kalian berasal dari pulau jawa sendiri, cara menuju kampung inggris nya terbilang gampang. Dari kota asal kalian bisa memilih moda transportasi kesukaan entah Bus, Kereta Api, atau Busway (yang ini ngarang).

Bus: Sama seperti jika menggunakan DAMRI bandara, kalian harus turun di Terminal Purabaya (Bungurasih) untuk selanjutnya naik Rukun Jaya seperti yang gue jelasin sebelumnya.

Kereta Api: Silakan beli tiket dengan tujuan Stasiun Kediri. Sesampainya di sana, kalian harus berjalan sedikit keluar dari stasiun hingga sampai perempatan Kediri Town Square (Ketos). Ini lumayan jauh ada kiranya 2KM an juga. Gue biasanya juga jalan kaki sih, udah kebiasaan berhemat yekan haha. Nah kalo udah disana, tinggal tunggu bus antar kota dengan dengan rute Kediri – Malang berwarna biru. Tarifnya, kalo tahun lalu sih Rp.8000,- sampai pare, entah kalau sekarang berapa.

Kalau ga mau naik bus antar kota, ada alternatif lain yakni menggunakan angkutan kota (angkot). Tarifnya kalau dulu Rp.10.000,- tapi ya gitu, konsekuensinya lama nyampenya. Karena sepengetahuan dan sepengalaman gue dimana-mana angkot itu siput banget jalannya. Apalagi kalo angkot di Surabaya #HiksCurhat :’(

Karena sepengetahuan dan sepengalaman gue dimana-mana angkot itu siput banget jalannya.

Oh ya, keuntungannya kalau menggunakan angkot atau bus antar kota tersebut, kalian bakal diturunin di Jl.Brawijaya (Jalan utama kampung inggris) jadi nggak perlu repot pake becak atau ojek lagi. Tinggal minta turun dimana, selebihnya gue saranin JALAN KAKI! Hitung-hitung berhemat sekalian olahraga juga kan sambil bawa-bawa koper gede.

Segitu aja sih. Selanjutnya tinggal kalian yang beradaptasi dan belajar bener-bener di sana. Jangan salah fokus ye, selalu ingat tujuan belajar jangan malah pacaran dan hura-hura terus. (Ini Fakta)

Baca Juga: Cerita Pengalaman Berkunjung Ke Kampung Inggris

Oh ya, ngomong-ngomong kalian yang mau belajar bahasa inggris disana udah pada dapat tempat kursus belum? Pada postingan berikutnya, entah kapan (ga janji dalam waktu dekat), gue akan bahas beberapa tempat kursus bahasa inggris bonafit yang berseliweran di Pare.

Yaudah, See You!

Incoming search terms:

19 opinions on “Panduan Menuju Kampung Inggris Pare Kediri”

  1. sy k sana mau naik kapal pelni, tapi sampai tanjung perak jam 12 malam.. kira2 masih ada bis kota yg ke bungurasih ndk? d surabaya jam operasi bis kotanya kapan?

    1. Kalo bis kota yang kebungurasih setau saya maksimal jam 8 mas. Di bungurasih nya pun untuk tute antar kota maksimal jam 10, setelah itu udah ga ada bis lagi biasanya. Saya dulu pernah karena kemalaman nyampe bungur, eh ternyata bis terakhir ke pare baru aja jalan. Jadi terpaksa nginap di terminal dulu. :|
      Buat jaga2, bisa nginap dulu di sby mas.

  2. RUTE KE TEST-English School, Kampung Inggris, Pare, Kediri. Bagi kawan-kawan yang ingin berangkat ke kampung inggris sendiri, kalian bisa ikuti rute yang dibawah ini untuk menuju TEST-English School.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge