Pantai Takisung, Destinasi Wisata Populer di Kalimantan Selatan

Libur lebaran telah mulai beranjak bagi sebagian orang. Namun, sebagian yang lain masih ada yang menggunakan masa lenggang nya ini untuk bepergian ke suatu tempat. Gue sendiri, sehari setelah lebaran langsung pergi meninggalkan rumah dengan keluarga besar. Tujuannya pun sudah tidak asing, yakni banjarmasin sekaligus bersilaturahmi dengan keluarga disana.

Nah, hari kedua setelah lebaran, entah mengapa ada yang mengusulkan ke pantai. Awalnya gue menolak, karena sebelumnya juga telah sering sekali pergi ke pantai. Telebih pantai takisung dimana gue rasa pantai ini adalah pantai paling populer masyarakat banjar untuk berwisata.

pantai-takisung-kalsel-banjarmasin

pantai-terpopuler-di-kalimantan-selatan

Terletak di Kecamatan Takisung, Kabupaten Pelaihari, Kalimantan Selatan, pantai ini merupakan satu dari beberapa titik pesisir yang ada di sana. Perjalanan menuju pantai ini kurang lebih hanya memakan waktu tiga jam jika tidak macet. Selain tempatnya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, pantai takisung ini juga memiliki banyak sarana hiburan. Seperti halnya banana boat, wisata ke pulau penyu, pasar tradisional, motor racing mini, dsb.

pantai-takisung-kalsel

pantai-wisata-banjar

Di balik ketenaran pantai ini, tentu terdapat hal-hal yang sangat disayangkan. Banyaknya sampah, debu, dan fasilitas banyak yang tidak mendukung bagi wisatawan yang bertandang kesini. Misalnya saja ketika para pengunjung hendak memarkir kendaraannya. Ketidakteraturan lahan parkir membuat lalu lintas jalan yang hanya satu-satunya dan sempit tersebut menjadi macet. Ditambah banyaknya pedagang yang berjualang di sembarang tempat sehingga menambah kesemrawutan yang ada.

pantai-banjarmasin-pelaihari-terbaik

Gue kira, pantai ini habya butuh pembenahan dari pemangku kebijakan daerah setempat. Selain berpotensi, pantai takisung ini juga dapat menjadi ikon wisata kalimantan selatan. Dan selain pantai takisung yang terkenal tersebut, ada pula pantai batakan dan pantai angsana yang sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Namun, karena jaraknya yang terlampau jauh dari banjarmasin rencana pergi kesana pun diurungkan. Lagi pula libur yang sangat pendek membuat kami harus irit waktu.

Sekian, Selamat Liburan gaes!

wisata-pantai-kalsel

pantai-takisung-pelaihari

destinasi-wisata-pelaihari

Incoming search terms:

13 opinions on “Pantai Takisung, Destinasi Wisata Populer di Kalimantan Selatan”

  1. sangat disayangkan potensi pantai di daerah Tanah Laut secara umumnya sangat bagus untuk dikembangkan, tapi ya kebiasaan sebagian pengunjung yg buruk seperti suka buang sampah dll serta pengelolaan pantai yang kurang konsisten juga membuat wisata pantai di daerah sana ya seperti itu saja hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge