Perjalanan 7 Tahun Menjadi Blogger

Pernah ga sih kangen sama hal-hal jadul, alay namun berkesan dulu? Tiba-tiba aja gue jadi keinget masa-masa susah, seneng, kocak, haru yang pernah gue alamin. Sering banget mikir, “Dulu pas masih SD seru juga ya,” “Temen-temen friendster gue pada kemana ya,” atau malah begini “Mantan pacar pertama gue gimana ya kabarnya?” Istilahnya sih mendadak kangen kalo menurut gue. Jadi ini bukan posting satu-satunya, ke depan gue bakal bikin beberapa part #MendadaKangen dengan tema yang berbeda-beda. (Kalau lagi ga males atau baper)

Jadi ceritanya, pada 2008 gue masih berstatus sebagai siswa SMP kelas 8. Fase masih polos dan unyu-unyunya ya haha. Saat itu, internet masih ga sepopuler sekarang. Jumlah warung internet (warnet) pun hanya berjumlah (kalo ga salah) dua buah di kota dimana gue sekolah dulu. Jangan ngarep pakai smartphone ya, karena dulu hpku aja masih nokia jadul poliponik. Para provider seluler pun tidak seramai sekarang dan bisa dipastikan harga per kilobyte (KB) nya mahal gaes.

Masih berhubungan dengan internet. Ceritanya (lagi) gue berkenalan dengan yang namanya blog. Jujur dulu gue masih awam dan asing banget dengan komputer, apalagi internet. Karena dulu sewaktu SD ga pernah dapat pelajaran IT. Pertama kali, excited banget, gue serasa punya dunia kedua dan teman-teman dunia maya baru. Asik, seru, dan pastinya alay.

Berlanjut sampai sekarang, gue masih suka menulis dan ngutak-atik blog pribadi gue. Namun, prosesnya tidak semulus yang dikira. Sering banget gue muncul, hilang, kemudian hiatus dari dunia per-blogging-an dengan berbagai alasan. Dari awal banget blog alay sampai punya domain sendiri dan migrasi dari blogspot. Nah ini dia perjalanan serta transformasinya:

blog-alay-ridha-tantowi

1.Blog Perintis Blogspot

Ini adalah blog pertama gue, alamatnya eryu3.blogspot.com yang masih hosted di blogger.com. Gue masih inget banget ini blog dulu tampilannya sederhana banget. Masih pakai templat minima black bawaan blogger dan isinya hanya curahan hati dan puisi-puisi galau. Kenapa urlnya eryu3? Wkwk ini adalah penggabungan nama gue (erwin) plus nama perempuan yang sekarang jadi mantan. Udah lah, gausah dibahas lebih lanjut yak!

Disini gue udah mulai punya kenalan blogger yang sering melakukan blogwalking. Seru sih, karena tulisan gue waktu itu dihargain banget. Simpel sebenernya, bisa baca dan balas komentar-komentarnya aja udah seneng. Makanya, ga heran kalau dulu sepulang sekolah gue sering cabs ke warnet dan ga belajar. Jangan ditiru ye hehe

halte-blogger-banjarmasin-pos

2.Blog Alay Semi Bisnis

Selang setahun, kalau ga salah 2009 gue udah mulai kenal lebih lanjut dengan blog. Bukan hanya itu, gue untuk pertama kalinya bisa merasakan dollar hasil kerjaan gue sendiri. Heran, kaget, sekaligus ajaib karena dulu maraknya-maraknya penipuan bisnis online kan. Tapi sebaliknya, gue malah jadi rutin dapat dollar hasil ngeblog. Dampaknya, jadi sering belanja online tak berfaedah.

Oh iya, ketika bermacam jenis iklan mulai menginvasi blog. Gue udah mulai pindah domain ke co.cc dengan masih menggunakan nama yang sama menjadi www.eryu3.co.cc. Selain nama domain yang berbeda, konten blog pun mulai gado-gado. Artikel copas, translate-an, paid review mulai memenuhi blog gue yang tadinya masih polos banget.

3. Blog Pribadi dan Bisnis

Ketika dirasa sudah cukup gaul dan eksis di dunia maya. Gue mulai membuka mata dan memberanikan diri untuk membeli domain premium sendiri. Entah gue dulu lagi mikir apa saat order doman hingga terbelilah domain riedhagookil.com. Namanya sok gaul, sok gokil gitu ya. Padahal aslinya anaknya mah culun, cupu (ini bener, serius)

Kalau tidak salah gue beli domain itu saat kelas 3 SMP. Dengan tetap mengandalkan blog gratis dari blogger.com. Gue masih bisa eksis ngeblog dengan tetap dibayang-bayangi nilai jelek apalagi menjelang ujian nasional SMP. Yup, tidak bisa dipungkiri kesuksesan gue di dunia maya ini berbanding terbalik dengan apa yang gue alamin di sekolah. Selalu telat, sering dapat hukuman, klimaksnya nilai jelek!

Tapi untungnya, gue masih bisa lulus dengan nilai yang lumayan hehe.

tampilan-blog-ridha-tantowi-2013

screenshot-blog-ridhatantowi-tahun-2014

4.Blog Masa Kini

Ini transformas terakhir dari perjalanan ngeblog gue. Kira-kira tahun 2010 sewaktu lulus dari SMP gue memutuskan untuk membeli domain pribadi dengan nama sendiri. Bukan nama sok keren dan alay kaya sebelumnya. Jadilah gue beli ridhatantowi.com dan merintis kembali blog gue. Kok merintis?

Iya, FYI di sela-sela ujian nasional dulu, ada orang jahil yang iri mungkin sama gue. Semua akun gmail, blogger, paypal, kena hacked sama orang tak bertanggung jawab. Di situ gue syok banget karena semuanya ada di sana, blog kesayangan, blog bisnis, dan akun-akun penting lainnya. Makanya, kegiatan blogging gue sempat terhenti kurang lebih satu tahun lamanya. Tidak ada tulisan, tidak ada dollar.

Ketika gue duduk di bangku SMA pun, kegiatan blogging tidak lagi se-intens dulu. Hanya sesekali saja, itupun biasanya berupa ocehan tidak penting seperti yang kalian baca sekarang ini. Kenapa? Gue lebih fokus sekolah aja sih. Saat itu gue udah yakinin diri kalau harus berubah, ga lagi-lagi jadi murid ranking hampir paling bawah terus di kelas. Jadi ya, gue sering belajar aja dibanding ngeblog.

Beberapa kali blog ini terbengkalai karena sibuk sekolah. So that’s why, blog ini kaya hidup-mati-hidup gitu karena gue sering lupa kalau domain ini sudah expired dan harus di-renew.

Nah, segitu aja sih ceritanya. Tapi sayang, dokumentasi blognya ga ada karena udah lama banget. Pokoknya selama tujuh tahun gue ngeblog dari 2008-sekarang udah banyak banget pengalaman yang didapat. Mendadak kangen ini pun gue dedikasikan bagi temen-temen blogger dulu entah dimana. Sekarang blog gue sepi loh rek, hiks, ga kaya dulu banyak yang mengomentari. Kalian yang sekarang baca masih gamau nge-comment? Tega

29 opinions on “Perjalanan 7 Tahun Menjadi Blogger”

  1. Wah kalo gue sih daftar blog mulai tahun 2009. Alamatnya rezaandrian*blogspot*com dan sama sekali gak ada isinya karena waktu itu gue sama sekali gak memiliki minat untuk nulis-nulis cerita. Lalu pada tahun 2014, gue mulai tertarik untuk menulis cerita. Waktu itu yang gue tulis adalah fanfict member. Kalo mau baca bisa di rezaandriansaputra*blogspot*com.
    Lalu gue sadar, kalo cuman nulis-nulis fanfict aja, gue gak mendapati apa-apa. Mulailah gue membeli domain dan hosting sendiri dan jadilah blog gue yang sekarang ini. Menghasilkan dollar? Untuk saat ini belum. Gue belum mem-fokuskan ke sana. Dibanding menghasilkan dollar, gue lebih seneng kalo ada yang comment di postingan gue. Mengapa? Karena dengan comment itu, gue merasa tulisan gue dihargai oleh pembaca dan ada kepuasan tersendiri saat menerima comment itu

    1. Wah udah lama juga toh. Tapi gue salut, lu intens banget nulisnya, kaya terjadwal gitu lagi. Gue mah sering banget ogah-ogahan nulis. Apalagi kalau udah kena yang namanya writer’s block. Duh, pengen hiatus ngeblog jadinya wkwk
      Nah iya, komentar itulah yang bikin sebuah blog terasa hidup. Kalau cuman posting tok, serasa ga ada gunanya gue nulis :’)

      1. Enggak juga kok. Gue nulis kalau memang sedang ada ide aja. Tapi kalau gak ada ide kadang gue juga maksain buat nulis. Tapi bicara hasil, hasilnya kurang memuaskan kalau terlalu dipaksain :’)
        Iya. Percuma udah nulis panjang-panjang tapi gak ada yang ninggalin komentar. Sedih rasanya :’)

        1. Iya bener banget kalau lagi stuck buat nulis aku sih biasanya cuman blogwalking doang, btw dengan berkomentar di blog orang lain itu juga membuat sebuah jaringan. Apalagi udah kenal banget dan nyampe kopdar gitu kan asyik.

          kalau saya pribadi sih sama seperti mas Reza, masih belum mikirin buat ngasilin duit dari blog. Alasannya? Sama pula, lebih senang mendapatkan relasi ketika blog kita dikomentari.
          Jefry Dewangga recently posted…World Animal Day Setiap 4 OktoberMy Profile

  2. waw semua pernah pian lewatilah hahaha kalau ulun blog 4L4Y pernah jua waktu SMP dan ketikkannya menggunakan huruf ajaib yg bikin sakit mata *curcol
    semoga ulun bisa belajar sama pian nah yang sudah hampir 7 tahun menjadi blogger

    1. Seangkatan dalam hal ngeblog nya doang nih? Kirain aja umur juga. Haha
      Iya gue juga ngerasain, blogger dulu perasaan sangat loyal sama temen-temen blogger lain. Tanpa disurh, biasanya juga pada blogwalking kok. Ya mungkin karena dulu blog itu masih sangat wah di zamannya

    1. Tujuh tahun itu tapi gak konsisten juga mas sandi, adakalanya beeberapa bulan hiatus karena entahsibuk atau apa. Kalo mas kayanya blognya update terus kan ya, hehe. Iya mas salam kenal juga dari bocah, sukses

    1. Ga eksis2 banget mas, ini aja domainnya padahal udah nyaris empat tahun, tp kemarin baru aja expired jadi serasa punya domain baru haha. Sama kok dulu pake blogspot juga, ganti wp baru tahun 2010. Sama banget kita mas, suka bosenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.