Proposal Permohonan Bantuan Dana Mahasiswa

Mewujudkan mimpi ga semudah membalikkan telapak tangan. Perumpamaan yang bener banget kata gue, bahkan sekalipun dalam prosesnya kita turut ‘meminta’ kepada orang lain. Namun, tidak serta merta kita akan dikasih secara cuma-cuma melainkan ada proses dan timbal balik. Nah, bagi yang sudah terbiasa bergelut dalam dunia pendanaan/fundraising pasti paham betul gimana susahnya nyari uang.

Baca: Pengalaman Pendanaan untuk Pertukaran Pelajar

Dalam cerita gue nyari pendanaan di postingan sebelumnya, gue menarget banyak sekali perusahaan, instansi pemerintah, dan juga beberapa sumber pendanaan di kampus. Hasilnya tentu ga semuanya ngasih, makanya dari banyaknya target tersebut diharapkan paling nggak dua atau tiga pihak dapat membantu.

Nah, karena rasanya gue udah terbantu juga oleh para blogger lain yang membagikan pengalamannya mencari bantuan dana. Di sini gue bermaksud membagikan contoh proposal yang gue pake. Kebetulan proposal ini digunakan untuk keperluan Student Exchange atau Short Course ke Hanoi, Vietnam tahun lalu dengan Program AsTW. Dengan proposal ini alhamdulillah gue bisa dapet tiga sumber pendanaan yakni kampus, perusahaan, dan instansi daerah.

Download Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana

Download Contoh Surat Pengantar Proposal

Untuk aturan dan tata cara memasukkan proposal, gue rasa tiap target beda-beda kebutuhan dan alurnya. Oleh karena itu, monggo cek sendiri ke instansi atau perusahaan yang bersangkutan. Tapi umumnya hanya butuh proposal dan lembar surat pengantar yang ditanda tangani pihak universitas. Setelah memasukkan proposal jangan lupa meminta kontak agar proposalnya bisa di-follow up. Ini penting banget!

Ps: Gue sebenernya udah ngebagiin tips di postingan sebelumnya, tapi tetap masih banyak yang nanyain gimana biar dapat bantuan dana. Pesan gue, coba baca lagi postingan gue itu trus lo coba modifikasi dan coba cara kreatif kalian sendiri. Karena jujur gue juga gabisa menjamin dengan cara-cara gue kemarin gue akan kembali dapat bantuan dana. Sebab dunia ini dinamis bro.

Semangat!

 

Incoming search terms:

2 opinions on “Proposal Permohonan Bantuan Dana Mahasiswa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.