SD Hasbunallah Tanjung Tabalong

Lembaga pendidikan ditingkat Sekolah Dasar memegang peranan yang sangat Penting dalam upaya menyiapkan, mencetak dan mewujudkan generasi yang memiliki akhlaq dan kepribadian, intelektual yang cerdas serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pemikiran di atas menjadi dasar pijakan munculnya gagasan seorang tokoh agama yang masih muda bemama KH. Akhmad Sanusi Ibrahim yang dikenal dengan nama Ustadz Akhmad Jaro untuk membentuk.. sebuah yayasan yang diberi nama ” Yayasan Hasbunallah”.

Yayasan Hasbunallah berkeinginan besar untuk dapat merealisasi dan mengakomodir keinginan dan harapan orang tua dan wali anak-anak usia sekolah dasar untuk bisa mewujudkan pendidikan yang berkualitas, unggul dan memiliki ciri pendidikan Islam. Untuk merealisasi keinginan tersebut Yayasan Hasbunallah melakukan pendekatan dan menggalang mitra bersama PT. Pama Persada Nusantara untuk membangun sarana dan prasarana fisik, kemudian lahan untuk bangunan mendapat sumbangan dari seorang pengusaha yang bergerak di bidang Proferti H. Nurdin Sa’ad lahan tersebut seluas 38.000 m2 terletak dilahan komplek perumahan beliau, yaitu Komplek Swadharma Lestari Desa Mabu’un.

Pada tahun 2006 pembangunan SD Hasbunallah dimulai dengan membangun 1 unit gedung bertingkat dua dengan 8 lokal diatas tanah seluas 15.000 m2 . Sementara pembangunan sekolah dasar dimulai, lembaga yayasan ini dalam Tahun Ajaran 2006 juga mulai membentuk organisasi sekolah dengan mulai penerimaan siswa baru untuk kelas I yang tahap awal menampung siswa sebanyak 60 orang yang terbagi dalam 3 kelas. Untuk melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar SD Hasbunallah mendapatkan bantuan kembali dari Bapak H. Nurdin Sa’ ad untuk menggunakan Rumah Toko (Ruko) beliau yang digunakan untuk keperluan 3 ruang belajar, 1 ruang untuk ruang guru dan kantor dan ruang untuk mushalla.

Pada tahap mengawali pelaksanaan proses belajar mengajar SD Hasbunallah, memiliki tenaga guru sebanyak 10 orang dan 1 orang tenaga administrasi. Dari jumlah tenaga pengajar tersebut 3 orang berijazah SI, 4 orang berijazah DII dan 3 orang lulusan SLTA. Kemudian dilihat dari statusnya 4 orang berstatus PNS termasuk Kepala Sekolah dan 6 orang berstatus tenaga honorer.

Berkat kerja keras dan usaha sungguh-sungguh dari pendiri yayasan, pihak penyandang dana dan komponen sekolah maka pada bulan Juni Tahun Pelajaran 2007 /2008 gedung baru SD Hasbunallah sudah selesai dibangun dan mulai ditempati untuk proses belajar mengajar. Kemudian pada tanggal 5 September 2007 SD Hasbunallah diresmikan oleh Bapak Bupati Tabalong dengan dihadiri pula oleh Pimpinan PT. Pama Persada Nusantara dari Jakarta dan PT. Adaro Indonesia.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge