Ujian Nasional di Mataku | Bocoran Soal UN SMP

UN a.k.a Ujian Nasional memang semakin dekat, tak luput dari target pemerintah seperti tahun-tahun lalu yang UN-nya ditujukan kepada para pelajar kelas akhir SD, SMP, dan SMA. Meski, harap-harap cemas saya untuk ditiadakannya UN sudah pupus tapi yaa, ga papalah! Hehe.. . Mungkin ini keputusan terbaik untuk kita semua para pelajar indonesia yang tentunya tak ingin kalah dengan pelajar-pelajar dari belahan dunia lain.

Okey, berbicara tentang UN a.k.a Ujian Nasional, apa yang ada dibenak anda?

Apakah anda merasa keberatan?

Merasa tidak sanggup?

Perasaan ini sangat lumrah terbenam pada kita, apalagi kalo kita (maaf) tidak mempunyai kemampuan yang mencukupi dalam bidang tertentu. Ingin mati rasanya, jika tak satupun soal bisa kita kerjakan pada ujian nasional, dikejar-kejar waktu, dikejar-kejar tuntutan kelulusan, dan yang pasti rasa malu yang tak terhingga. Namun lebih buruknya lagi jika kita lulus dengan otak orang lain, itu sangat memalukan dibanding tidak lulus tapi mempunyai rasa percaya diri bahwa kita itu mampu.

“Orang lain saja bisa, kenapa kita tidak?” itu kata-kata penyemangat math teacher saya di Smp Hasbunallah yang tercinta. Wkwk..

Pada dasarnya sebuah proses itu akan berhasil jika kita mau akan hal itu, mencoba memcari pola-pola kekurangan kita, dan mencoba menutupinya dengan usaha; usaha mencari sebuah jati diri, dalam artian yakin akan diri kita bahwa sesungguhnya semua orang itu bisa, termasuk saya.

Dan lagi Guru saya sempet bilang “Tak ada yang tak mungkin jika kita terus berusaha untuk mencapai keberhasilan itu”. Saya juga kadang suka bosan melakukan sesuatu yang menjadi tujuan saya sekalipun itu hobby, yang namanya malas ya wajar lah . Kek menggambar kalo udah bosan ya, corat-corat ga jelas aja.. Padahal bisa lebih bagus untuk kita ciptakan tapi mungkin itu merupakan suatu proses kita melawan rasa Goblok yang namanya malas. Apalagi jika yang namanya mengerjakan soal-soal fisika yang bikin mumet kepala + rumit dengan rumus-rumusnya, malasnya gak ketulungan.

Inilah manfaat Try Out berfungsi disana, kita telah terbiasa bagaimana mengatur waktu agar tidak telat UN, bagaimana cara menghitamkan, dsb. Makanya di sekolahku banyak banget TryOutnya.. Sampai tulisanku ini dibuat, masih dalam suasana Try Out sekolah belum lagi Try Out dari Dinas pendidikan provinsi senin 15 Februari depan.

Mengenai nilai Try Out? Hmm.. Gak jelek-jelek amat sih dan juga gak bagus-bagus amat. Dan yang pasti “Nilaiku adalah nilai Yang Tak Pantas Dibanggakan” hahahaha..

Sebelum saya nutup nih blog, berikut ada beberapa soal prediksi Ujian Nasional buat SMP 2010. Semoga Bermanfaat ya, Thanks a lot for U’ all…

Download Soal Prediksi dan Bocoran UN SMP Matematika & Bahasa Inggris

Download Soal Prediksi dan Bocoran UN SMP IPA & Bahasa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.