Wisata Bersama Keluarga di Kota Solo

Berlibur adalah saat-saat yang dinanti oleh seluruh anggota keluarga. Saat-saat keluar rumah dengan tujuan bersenang-senang bersama orang-orang tersayang sangat disukai, baik oleh anak-anak, orang dewasa, atau pun orang tua.

Mengajak seluruh anggota keluarga untuk berlibur biasanya dipilih yang mudah dan tidak terlalu jauh. Waktu berlibur sebaiknya dirancang jauh-jauh hari karena melibatkan seluruh anggota keluarga. Setiap orang harus menyesuaikan dengan kesibukannya masing-masing.

Barangkali kota Solo bisa dijadikan salah satu tujuan berlibur Anda dan keluarga. Tempat-tempat wisata yang kental nuansa tradisional dan wisata kuliner yang khas menjadi daya tarik tersendiri.

Jika Anda sudah menentukan waktu dan kota tujuan, Anda sudah bisa memesan segala keperluan berlibur. Sebaiknya Anda menggunakan moda transportasi udara untuk menghemat waktu dan energi keluarga Anda.

Saat ini terdapat maskapai dengan tujuan ke kota Solo, salah satunya maskapai Pesawat Air Asia. Anda bisa memesan tiket keberangkatan dengan mudah di Traveloka, untuk mengakomodasi seluruh kepentingan keluarga Anda.

Berlibur erat kaitannya dengan tempat-tempat wisata dan kuliner, karenanya Anda harus mulai mengumpulkan banyak informasi untuk kelak didiskusikan bersama seluruh anggota keluarga. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Keraton Surakarta dan Taman Sriwedari

Tidak lengkap rasanya jika Anda berlibur ke kota Solo tanpa mengunjungi Keraton Surakarta. Di dalamnya terdapat benda-benda kuno peninggalan keraton, salah satu yang menjadi pusat perhatian pengunjung adalah kereta Kencana. Tiket masuknya relatif murah yaitu Rp10.000.

Solowonder.worpress.com
Solowonder.worpress.com

 

Anda yang menyukai segala yang bernuansa kerajaan bisa mengunjungi Taman Sriwedari yang berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi 275, Penumping, Laweyan.

Dahulu taman ini digunakan oleh keluarga kerajaan untuk berekreasi, kini Taman Sriwedari bebas dimasuki siapa saja.

Terdapat Gedung Wayang Orang di dalam kawasan Taman Sriwedari, dalam waktu tertentu sering diadakan pertunjukan dengan cerita Mahabarata dan Ramayana. Melihat pertunjukan lokal yang khas kunjungan Anda dan keluarga pasti akan lebih berkesan.

  1. Wisata batik dari museum Danar Hadi Solo, di Pasar Klewer, hingga Kampung Batik Kauman.
Lebahmadu-honeybees.blogspot.com
Lebahmadu-honeybees.blogspot.com

Ketiga tempat tersebut adalah pusat batik di kota Solo. Jika di museum Danar Hadi Anda bisa melihat perkembangan batik dari masa ke masa, bahkan terdapat batik-batik antik kuno dari zaman penjajahan Belanda.

Anda juga dapat melihat jenis-jenis batik dari berbagai budaya seperti batik keraton, batik China, batik hokokai dan batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Sementara itu, di Pasar Klewer Anda bisa berburu segala jenis batik yang Anda inginkan. Terdapat batik mulai dari harga yang paling murah hingga batik tulis yang dibandrol cukup mahal dijual di pasar ini.

Namun, jika pengetahuan Anda tentang batik masik minim, tidak bisa membedakan bagaimana jenis batik tulis dan mana batik yang dicap, sebaiknya Anda memilih outlet atau toko resmi batik yang sudah terpercaya jika Anda ingin membeli batik dengan kualitas tinggi.

Kampung Batik Kauman berbeda dengan kondisi di Pasar Klewer, di sana merupakan salah satu pusat kerajinan pembuatan batik yang sudah terkenal hingga mancanegara. Kualitas dan keasliannya dapat terjamin, karenanya harga batik di Kampung Batik Kauman relatif cukup mahal.

  1. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba terletak di Desa Krikilan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Museum ini disebut-sebut sebagai museum dengan koleksi fosil paling lengkap di Asia karena di dalamnya terdapat fosil-fosil manusia purba yang berusia lebih dari 2 juta tahun. Selain itu, ada juga fosil hewan, tumbuhan, batu, serta benda-benda yang digunakan oleh manusia purba.

Pemburuombak.com
Pemburuombak.com
  1. Selat Solo

Selat Solo adalah makanan yang mirip dengan steak, olahan daging sapi disajikan sayuran seperti wortel, buncis dan selada, ditambah telur pindang, kentang goreng, acar mentimun, dengan saos mayonaise khas Jawa.

Resepmasakan.com
Resepmasakan.com
  1. Tengkleng

Tengkleng adalah makanan yang terbuat dari tulang kambing yang masih menyisakan sedikit daging. Rasanya asam, gurih dan terasa segar. Terdapat dua varian, berkuah santan dan tanpa santan.

tengkleng

  1. Serabi Solo

Serabi Solo terbuat dari tepung beras dan santan. Bentuknya seperti serabi pada umumnya, namun disantap tanpa menggunakan santan. Rasanya manis gurih, biasanya dibuat dengan rasa yang berbeda-beda, original, pandan, dan coklat. Serabi Solo adalah makanan yang pas untuk dijadikan oleh-oleh.

Tempat-tempat wisata dan kuliner Solo sangat banyak untuk dieksplorasi oleh keluarga Anda. Selamat bersenang-senang!

Incoming search terms:

2 opinions on “Wisata Bersama Keluarga di Kota Solo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge