• Blogging,  Ocehan,  Opini

    Berhenti Ngevlog Akibat Kebijakan Baru Youtube

    Di postingan sebelumnya gue officially announce kalo gue punya channel di youtube yang isinya kurang lebih tentang kehidupan erasmus, perkuliahan, dan traveling gue selama di Eropa. Tapi beberapa lama ternyata muncul kebijakan baru youtube yang bikin gue mikir ulang buat rutin upload video di sana.  Kebijakannya kurang lebih isinya menyatakan kalau content creator baru bisa me-monetize video-videonya jika dan hanya jika memiliki 1000 Subscribers dan videonya telah ditonton selama 4000 jam dalam kurun waktu satu tahun. Bagi gue kebijakan ini sangat keterlaluan, karena jujur susah banget buat dapet angka segitu. Belum lagi banyak banget yang biasanya ngeskip video pas lagi nonton. Gue udah menimbang-nimbang sih, buat mencapai subscriber dan angka…