• Ulasan

    Pantai Takisung, Destinasi Wisata Populer di Kalimantan Selatan

    Libur lebaran telah mulai beranjak bagi sebagian orang. Namun, sebagian yang lain masih ada yang menggunakan masa lenggang nya ini untuk bepergian ke suatu tempat. Gue sendiri, sehari setelah lebaran langsung pergi meninggalkan rumah dengan keluarga besar. Tujuannya pun sudah tidak asing, yakni banjarmasin sekaligus bersilaturahmi dengan keluarga disana. Nah, hari kedua setelah lebaran, entah mengapa ada yang mengusulkan ke pantai. Awalnya gue menolak, karena sebelumnya juga telah sering sekali pergi ke pantai. Telebih pantai takisung dimana gue rasa pantai ini adalah pantai paling populer masyarakat banjar untuk berwisata. Terletak di Kecamatan Takisung, Kabupaten Pelaihari, Kalimantan Selatan, pantai ini merupakan satu dari beberapa titik pesisir yang ada di sana. Perjalanan…

  • Stories

    Kampung Halaman dan Kesederhanaan

    Berada di kampung halaman tidak lagi sebuah keharusan, melainkan tradisi. Berada disini untuk belajar menghargai, mencintai, serta menyayangi tempat kelahiran hanya untuk sekadar berterima kasih atas dedikasinya selama ini. Sebagai saksi tempat tumbuh dan berkembang hingga sampai seperti saat ini. Tampak sederhana namun sarat akan kenangan dan pembelajaran khas kampung yang kampungan. Yang gue lihat, apa-apa yang ada disini antara dulu dan sekarang tidak terlalu kontras perbedaannya. Tiang-tiang kayu menjulang, desir air sungai yang terus menyapu, atau bunyi klotok (Kapal) yang menjadi pemecah keheningan di desa ini selalu menjadi sajian apik menghangatkan pagi. Begitu pula dengan masyarakat disini. Sejak pukul 03.00 WITA mereka sudah bergegas memulai pekerjaannya masing-masing. Ibu-ibu yang…

  • Seni,  Ulasan

    Pemberdayaan Musik Panting dan Nasyid Islami: Pemanfaatan Seni di Sekolah

    Musik sekarang bisa jadi kebutuhan mendasar manusia yang suka akan hiburan. Belum lagi band-band teranyar indonesia yang kini bertebaran sudah sangatlah banyak. Dari segi kualitas mungkin cukup bagus, namun kita disini tidak akan mempermasalahkan mengenai kualitas band-band. Tapi lebih kepada warisan budaya kita sebagai masyarakat indonesia yang sering kita lupakan akibat dari moderenisasi yang kini sangat gencar-gencarnya terjadi. Musik yang telah mengalami moderenisasi, tidak membuat kesenian tradisional ‘Musik Panting’ tenggelam. Apa itu Musik Panting? Musik panting adalah musik tradisional yang berasal dari kalimantan selatan. Dengan alat-alat tradisional tentunya yang berupa, panting (alat musik petik yang berukuran kecil), babun (alat musik sejenis gendang), suling, ketipak (sejenis terbang atau alat rebbana), tamburin…

  • SMAN 1 TANJUNG TABALONG
    Stories,  Ulasan

    Lulus SMP, Mau Lanjut Kemana?

    Hwaaa.. Lama banget dah gak ngapdate nih blog. Tapi kok ada posting-posting english gitu sih? Itu mah cuma ripiu, setelah berhasil dapet job lempar ke penulis konten, ya tinggal publish aja dapat uang dan yang pasti penyakit malasku ini tetap terjaga. *pemalaser high level* Wkwk… Baiklah, kemaren kemaren kita kan bicara mengenai UN? Nah, sekarang kita sambung lagi aja yah.. Saat pembagian surat kelulusan kemaren, kalo gak salah sekitar tanggal 7 mei 2010, (dah lama amat kan?) perasaan gugup gagap gigip menghapiri siswa siswa smp hasbunallah, yang konon katanya ada 5 orang yang ga lulus dan ternyata itu cuman issue guru-guru buat menakut nakuti siswa siswinya. Dan alhasil, murid-murid smp…

  • Ulasan

    Pesona LOKSADO, Tempat Liburan Menarik Anda!

    Berhubung lagi dalam suasana liburan sekolah nih ada satu tempat didaerah aku yang menarik buat kamu kunjungi,Namanya Loksado yang bertempat di kab.Hulu Sungai Selatan (kandangan) Prov.Kalimantan Selatan,yang konon banyak yang mengatakan bahwa tempat ini angker,setujukah kalian?Loksado sendiri penghuninya adalah masyarakat dayak meratus yang selalu mengadakan suatu ritual tiap tahunnya salah satunya adalah “Aruh Ganal” yg dilaksanakan di Balai Malaris. Sebenernya nih tempet kota kelahiran aku cuman sekarang aku ada di Tabalong buat nuntut ILMU,Jadi share aja dehh.. Fasilitas apa saja yang ada di loksado? Kamu akan menemukan banyak hal yang menarik disana,seperti Bamboo Rafting yang dapat kamu pakai untuk menyusuri sungai amandit,yaitu sungai yang alirannya menuju sungai Barito (Banjarmasin),Air terjun…