• Stories

    Makna Integritas di Selembar Kertas

    Saat masih di bangku SMP, saya terbilang sudah gencar mencari berbagai sumber pendapatan. Setelah cukup lama mengandalkan internet dan kemampuan menulis ala kadarnya, kejayaan saya 2-3 tahun itu pun akhirnya harus karam. Zaman berubah, kemampuan menulis dan berjejaring atau singkatnya disebut blogging ini secara bertahap mulai dikalahkan bot-bot super yang mampu memproduksi konten secara massive dan tertarget. Pergeseran ini layaknya ojek online yang beberapa tahun terakhir menggerus eksistensi ojek pangkalan. “Kalau tidak ada inovasi, maka bersiap-siaplah untuk mati,” katanya Baca juga: Tidak Ada Masalah yang Terlalu Besar Di perguruan tinggi, kemampuan menulis ini saya coba asah lagi dengan bergabung ke sebuah unit humasan. Di awal, yang saya ketahui adalah kuantitas tulisan…

  • Stories

    My Life in a Nutshell

    2001 Tujuh belas tahun yang lalu, sekelilingku semuanya asing. Wajar saja, sebab teman-temanku sudah tidak lagi di sini. Hanya ada aku dan beberapa anak lainnya yang jumlahnya bisa dihitung dengan satu. Aku malu tapi aku tidak berbuat apa-apa. Keputusan wali kelas untuk tidak menaikkanku ke kelas dua sepertinya sudah tidak bisa diganggu gugat lagi. Aku termasuk satu dari beberapa anak yang kesulitan belajar, termasuk membaca dan berhitung yang menjadi syarat naik kelas. Penggaris panjang kayu yang menggantung di samping papan tulis kapur rasanya sudah tidak asing lagi dengan tanganku. Tapi tetap saja, tidak ada perubahan berarti. Yang ada hanya tanganku dan kupingku yang berubah merah karena berkali-kali tidak memenuhi ekspektasi…

  • English,  Stories

    Story: Why You Must Take a Gap Year after High School

    It’s weird, I know, an inconsistency of the language used in this blog made it even weird. But, I’m trying my best in a way to provide inspiring stories and stuff. Haha. This article is mainly about the story of a friend who took a gap year before entering university. I know that many high school students couldn’t make it to university for some reasons. It happened to me roughly five years ago, it was tough, but I managed to deal with it. Including on convincing my parents that everything is gonna be okay for a year ahead. There’s no time to regret over the failures, I took my own…

  • Stories

    Tidak Lulus SNMPTN Bukan Akhir

    Pengumuman SNMPTN hari ini diumumkan serentak di Indonesia. Gue yakin banyak yang gugup menanti apakah namanya masuk dalam daftar yang diterima atau tidak. Sebab gue juga mengalami hal yang sama lima tahun lalu. Perasaan harap cemas agar bisa lulus masuk perguruan tinggi negeri tanpa harus berjuang keras untuk SBMPTN. Namun, kenyataan berkata lain, gue tidak lulus SNMPTN. Wajar sih, SMA gue bukan sekolah favorit, apalagi kalau dijajarkan dengan sekolah lain di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Still, gue masih ngebet daftar Fakultas Kedokteran favorit di Jawa. Hehe. Baca juga: Arsitektur VS Fakultas Kedokteran Saat hari pengumuman, gue bersikeras untuk tidak membuka website langsung. Tapi menunggu hingga keesokan harinya, sambil berharap hasilnya…

  • Tutorial

    Proposal Permohonan Bantuan Dana Mahasiswa

    Mewujudkan mimpi ga semudah membalikkan telapak tangan. Perumpamaan yang bener banget kata gue, bahkan sekalipun dalam prosesnya kita turut ‘meminta’ kepada orang lain. Namun, tidak serta merta kita akan dikasih secara cuma-cuma melainkan ada proses dan timbal balik. Nah, bagi yang sudah terbiasa bergelut dalam dunia pendanaan/fundraising pasti paham betul gimana susahnya nyari uang. Baca: Pengalaman Pendanaan untuk Pertukaran Pelajar Dalam cerita gue nyari pendanaan di postingan sebelumnya, gue menarget banyak sekali perusahaan, instansi pemerintah, dan juga beberapa sumber pendanaan di kampus. Hasilnya tentu ga semuanya ngasih, makanya dari banyaknya target tersebut diharapkan paling nggak dua atau tiga pihak dapat membantu. Nah, karena rasanya gue udah terbantu juga oleh para…