• Stories,  Tutorial,  Ulasan

    Punya Banyak Rekening Bank

    Ngomongin dunia perbankan, cerita kali ini masih ada kaitannya dengan postingan sebelumnya tentang pencarian sponsorship. Rekening bank mutlak diperlukan baik untuk mempermudah penampungan dana dari donatur, maupun untuk mempermudah transaksi keuangan sebagai bekal ketika hendak ke luar negeri. Makanya perlu pinter-pinter nih milih bank yang sudah support aktivitas perbankan di negara tujuan. Sebagai anak dari salah satu pelosok desa di Kalimantan, sebelum merantau, gue udah bangga banget karena punya rekening plus kartu ATMnya Bank Rakyat Indonesia (BRI). Alasan kenapa BRI dipilih cukup rasional, karena cuma Bank BRI ini yang ada di tempat kelahiran gue itu. Bank paling merakyat lah istilahnya mah. Tiap 100 meter ada aja nemu ATM nya. Haha.…

  • Stories,  Tutorial

    Pengalaman Mencari Bantuan Dana Kegiatan Luar Negeri Mahasiswa

    Di postingan sebelumnya telah dibahas tentang gimana sih cara dapetin kesempatan ke luar negeri. Nah, postingan ini adalah sambungan dari cerita gue kemarin. Karena sejujurnya, program ASTW 2017 ini gak sepenuhnya gratis. Peserta masih diharuskan untuk membeli tiket pesawat sendiri. Berbeda layaknya beasiswa bergengsi lain seperti LPDP, Erasmus Mundus, Fullbright, DAAD dll yang bersedia membiaya semua kebutuhan penerima beasiswanya (fully funded). Baca juga: Pengalaman Dapat Beasiswa Dataprint Kalaupun kalian gak dapet beasiswa penuh, tenang aja, seperti kata pribahasa bahwa ada banyak jalan menuju roma. Alias ada banyak cara supaya kita bisa berangkat walau hanya dapet beasiswa parsial ataupun tanpa beasiswa sekalipun semisal kegiatan volunteering AIESEC. Karena gak sedikit juga temen-temen…

  • Stories,  Ulasan

    Pengalaman Dapat Beasiswa Dataprint

    Ada banyak sekali beasiswa yang diperuntukan bagi pelajar dan mahasiswa kaya kita-kita ini. Nah salah satunya datang dari perusahaan yang bidang penjualannya fokus di seputaran alat tulis kantor (ATK) seperti tinta, kertas, dll ini. Sebenernya, gue udah lama tahu kalau mereka ngasih beasiswa sejak 2014 lalu. Cuman baru kesampean ikutan di akhir 2015 lalu. Itu pun karena didesak kebutuhan ekonomi yang tinggi sebagai seorang mahasiswa. Haha. Setiap tahunnya Dataprint ini ngasih beasiswa dua kali, yakni periode Januari-Juni dan Juli-Desember. Ada sekitar 500 beasiswa yang siap dibagikan dengan berbagai nominal. Nah jadi pihak panitia akan menyeleksi berkas pendaftar berdasarkan keaktifan dan prestasinya di sekolah. Lalu masing-masing peserta diberikan poin dan diranking…