• Tutorial

    Proposal Permohonan Bantuan Dana Mahasiswa

    Mewujudkan mimpi ga semudah membalikkan telapak tangan. Perumpamaan yang bener banget kata gue, bahkan sekalipun dalam prosesnya kita turut ‘meminta’ kepada orang lain. Namun, tidak serta merta kita akan dikasih secara cuma-cuma melainkan ada proses dan timbal balik. Nah, bagi yang sudah terbiasa bergelut dalam dunia pendanaan/fundraising pasti paham betul gimana susahnya nyari uang. Baca: Pengalaman Pendanaan untuk Pertukaran Pelajar Dalam cerita gue nyari pendanaan di postingan sebelumnya, gue menarget banyak sekali perusahaan, instansi pemerintah, dan juga beberapa sumber pendanaan di kampus. Hasilnya tentu ga semuanya ngasih, makanya dari banyaknya target tersebut diharapkan paling nggak dua atau tiga pihak dapat membantu. Nah, karena rasanya gue udah terbantu juga oleh para…

  • Stories,  Tutorial

    Pengalaman Mencari Bantuan Dana Kegiatan Luar Negeri Mahasiswa

    Di postingan sebelumnya telah dibahas tentang gimana sih cara dapetin kesempatan ke luar negeri. Nah, postingan ini adalah sambungan dari cerita gue kemarin. Karena sejujurnya, program ASTW 2017 ini gak sepenuhnya gratis. Peserta masih diharuskan untuk membeli tiket pesawat sendiri. Berbeda layaknya beasiswa bergengsi lain seperti LPDP, Erasmus Mundus, Fullbright, DAAD dll yang bersedia membiaya semua kebutuhan penerima beasiswanya (fully funded). Baca juga: Pengalaman Dapat Beasiswa Dataprint Kalaupun kalian gak dapet beasiswa penuh, tenang aja, seperti kata pribahasa bahwa ada banyak jalan menuju roma. Alias ada banyak cara supaya kita bisa berangkat walau hanya dapet beasiswa parsial ataupun tanpa beasiswa sekalipun semisal kegiatan volunteering AIESEC. Karena gak sedikit juga temen-temen…